Sejarah

Letak Geografis

Secara geografis Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen bertempat di wilayah Kelurahan Nglorog, Kecamatan Sragen kabupaten Sragen, beralamat di Jalan Irian No.05 Nglorog Sragen tepatnya Rumah Sakit Umum Sragen ke Utara kurang lebih 200 meter. MA Negeri 1 Sragen letaknya sangat strategis, di jantung kota Sragen mudah dijangkau dengan kendaraan umum, menempati areal seluas kurang lebih 8.580 meter persegi.

Berdirinya Madrasah Pada tahun 1970, para tokoh agama dan tokoh masyarakat berkumpul dan bekerja sama merealisasikan berdirinya sekolah tingkat atas yang berbasis agama atau yang disebut Madrasah Aliyah. Ide ini terealisasi pada tanggal 19 September 1981. yang dikenal dengan sebutan (MAN) Sragen. Madrasah ini merupakan relokasi Madrasah Aliyah Negeri 2 Wonosobo dengan SK Menteri Agama RI Nomor 27 Tanggal 19 September 1980. Ide yang

mendasari berdirinya MAN 1 Sragen ini adalah :

  1. Untuk mendidik siswa agar mereka menguasai ilmu
  2. Untuk mendidik siswa agar mereka mempunyai akhlakul karimah
  3. Untuk mendidik siswa agar mampu di jalan Allah kapanpun dan

Perkembangan Madrasah

Bapak Jazid, BA merupakan salah satu dari kepala madrasah yang diangkat pertama kali, dan beliau merupakan salah satu tokoh pendiri. Pada masa periode ini letak MAN Sragen dekat dengan kantor kecamatan Sragen atau dekat kantor RSPD Sragen, kemudian pada tahun 1984 pindah ke kelurahan Nglorog ( tempat yang sekarang ) adalah merupakan Gedung baru dari pemerintah. Berpindahnya MAN dari tempat lama ketempat yang baru membuat keberadaan Madrasah ini lebih dikenal masyarakat bahkan besar pengaruhnya terhadap kondisi Sragen tentang Madrasah, sebab satu-satunya yang ada di Sragen. Sampai sekarang ini sudah mengalami enam kali pergantian kepala yakni setelah Bapak H. Jazid, BA, kemudian Drs. H. Moh. Thoha diteruskan Bapak Drs. H. Wahyudi Kemudian Bapak Drs. Moh. Thohari, lalu Bapak Sahirdjan, S.Ag, MM kemudian Bapak Drs. H. Noor Salim Muktar, Dra. Hj. Siti Afiah, M.Ag., Drs. Mariyo. Sumiran S.Pd, M.Pd. dan sekarang ini adalah ibu Hj. Windrati, S.Pd., M.Pd.

Dari berbagai perkembangan yang terus berjalan sampai sekarang, Tahun Pelajaran 2023/2024, memang sangat diharapkan MAN 1 Sragen satu-satunya harapan dari Kementerian agama sebagai pendidikan tingkat atas di wilayah ini untuk membentuk lulusan yang PRIMA (Profesional, Ramah, Inovatif, Mudah, dan Akuntabel) yang dipalikasi menjadi tiga sasaran utama:

  1. Mengembangkan potensi akademik peserta didik untuk melanjutkan sekolah ke jenjang Perguruan Tinggi terutama di Perguruan Tinggi Negeri favorit.
  2. Membentuk karakter ke-Islaman dan akhlaqul karimah
  3. Mengembangkan jiwa kepemimpinan dan pengembangan bakat minat peserta didik dengan membekali pendidikan life skill yang meliputi ketrampilan menjahit, las, tata boga, tata busana, seni kriya, kaligrafi, tradisional music, teknologi pertanian, elektronika, pengembangan teknologi jaringan.

Terkait hal tersebut pada Tahun Pelajaran 2023/2024, MAN 1 Sragen telah membuka program Agama dari tahun sebelumnya yang semula hanya IPA dan IPS.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI MADRASAH

Madrasah Aliyah sebagaimana ditetapkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 BAB VI, Bagian Ketiga Pasal 18 ayat 3, adalah lembaga pendidikan sejajar SMA dan SMK.

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang melayani masyarakat dalam pemberdayaan SDM. Oleh karena itu masalah madrasah dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip lembaga layanan. Pengorganisasian madrasah perlu dilakukan dengan cermat yang ditampilkan dalam bentuk struktur organisasi yang mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas pemanfaatan sumber daya pendidikan, serta kondusif untuk timbulnya inovasi dan kreatifitas.

Dalam melaksanakan tugasnya MA Negeri 1 Sragen menggunakan Sistem Manajemen Berbasis Madrasah sesuai pedoman yang diterbitkan oleh Dirjen Baga Islam Tahun 2005.

Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah pada MA Negeri 1 Sragen meliputi 7 komponen yaitu :

  1. Organisasi terdiri dari Organisasi Komite Madrasah dan Organisasi
  2. Kurikulum : MA Negeri 1 Sragen menjalankan Kurikulum 2013 dan Kurikum Merdeka untuk kelas X Tahun Pelajaran 2023/2024
  3. SDM : terdiri dari unsur Kepala Madrasah, Guru, Tata Usaha, Penjaga dan Tenaga Kebersihan
  4. Kesiswaan : terdiri dari unsur Organisasi Siswa, Pelayanan Kasus dan Penyaluran Bakat dan
  5. Sarana Prasarana meliputi perencanan, pengadaan, penggunaan dan
  6. Pembiayaan : meliputi kegiatan Perencanaan, Penggalian Dana, Pengelolaan dan
  7. Partisipasi Masyarakat